Bagaimana Menari Bisa Meningkatkan Kualitas Hidup dan Kesehatan

Apakah kamu tahu kalau menari bisa menyelamatkan hidup kamu? Ya, tepat sekali. Kamu bisa mendapatkan keuntungan dari menari seperti tubuh yang sehat dan meningkatkan kesehatan fisik untuk membuat koneksi sosial yang kuat dan meningkatkan aktivitas, sehingga kamu bisa lebih tergabung ke dalam komunitas.

Menari bukan hanya merupakan aktivitas sosial. Ini bisa membantu kamu menunjukkan ekspresi lebih lagi. Bahkan saat ini menari digunakan untuk menyembuhkan beberapa kondisi yang dialami oleh para penderita depresi.

Di bawah ini adalah beberapa keuntungan menari yang bisa didapatkan oleh tubuh kita.

1. Keuntungan Fisik

Seiring dengan menuanya kamu, tubuh kamu akan kehilangan masa otot, koordinasi, dan keseimbangan. Ini membuat kamu bisa mudah jatuh dan membuat diri kamu sendiri terluka karena aktivitas harian ini. Menari bisa membantu kamu mengurangi hal ini.

Menari dinilai meningkatkan kekuatan dan fungsi otot bagi para lansia, begitu juga meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas, membuat stabilitas menjadi lebih baik dengan cedera yang lebih sedikit. Menarik juga bisa meningkatkan kesehatan jantung, yang akan mengurangi kamu mengalami penyakit jantung.

Dampak ke kesehatan kamu tidak berhenti sampai di menari itu saja, karena sekalinya kamu menjadi lebih aktif, penelitian menunjukkan kamu akan lebih sering berhubungan dengan aktivitas sehat lainnya. ini bisa termasuk dengan terus menjaga kesehatan, melakukan aktivitas sosial, dan memakan makanan bernutrisi, semuanya akan meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan seiring dengan bertumbuhnya usia kamu.

2. Keuntungan Sosial dan Emosional

Menjaga kamu untuk tetap secara fisik kuat bukan satu-satunya keuntungan dari menari. Ini juga bisa meningkatkan kesehatan emosional kamu. Kebanyakan para lansia setuju kalau menari akan membantu mereka menjadi lebih meningkat lagi kegiatan di komunitas mereka, membuat mereka bisa lebih berpartisipasi di dalam kegiatan grup, dan memberikan ruang untuk berekspresi dalam pengembangan diri. Bahkan di antara para senior, menari bisa membantu mereka meningkatkan kesehatan mental.

3. Manfaat Kognitif

Penelitian mengindikasikan kalau tari kontemporer bisa meningkatkan konsentrasi dan kemampuan dalam mengontrol diri bagi kebanyakan lansia. Peneliti menilai karena tari kontemporer menekankan improvisasi, daripada menghafal serangkaian gerakan tertentu.

Berpartisipasi di dalam tari bisa meningkatkan kualitas hidup dari orang dengan Parkinson, terutama mereka yang ada di rumah kesehatan dari lingkungan lansia.

Jika kamu merasa kalau kamu mau mencoba menari, maka lakukanlah. Ini adalah kegiatan yang bagus untuk fisik kamu dan kesehatan, di tambah mungkin kamu akan sangat menyukainya. Selain itu, keuntungan yang bisa kamu dapatkan adalah mungkin mendapatkan teman baru di dalam prosesnya.

Kalau kamu memiliki banyak keraguan untuk melakukan tarian, maka ada baiknya untuk coba berkonsultasi dulu dengan guru tari yang ingin kamu ikuti kelasnya.