Strategi Melatih Kekuatan yang Tidak Ada Matinya!

Kekuatan merupakan fondasi untuk setiap kegiatan dalam atletik. Hal ini tidak bisa dibatasi melalui ukuran dari otot dan kapasitasnya. Ketika kamu menjadi semakin kuat, kamu lebih baik dalam menurunkan beban tubuh, bisa berlari lebih cepat, dan memukul lebih keras.

Inilah kenapa kami akan menunjukkan beberapa tips dalam membantu kamu untuk membuat segalanya menjadi lebih mudah.

1. Lakukan ‘Big Four’

Pertama yang kami rekomendasikan adalah kamu harus rajin dalam melakukan squat, bench press, shoulder press, dan chinup. Ini adalah gerakan yang baik, tetapi jangan menjadikan mereka fokus dalam workout kamu. Ini bisa menjadi gerakan ‘bantuan’ untuk menambah keseimbangan workout yang sedang kamu lakukan.

2.  Menggunakan Barbell

Dalam melatik kekuatan, kamu tidak perlu sampai menggunakan peralatan yang besat. Barbel merupakan salah satu alat yang paling bisa kamu manfaatkan. Mulai latihan kamu dengan menggunakan barbel. Alat ini bisa membantu kamu untuk melatih angkat beban dan juga merupakan langkah pertama dalam menjadi lebih kuat. Setelah itu, kamu bisa mencoba melatih kekuatan dengan menggunakan dumbbell dan beban berat.

3. Lakukan Gerakan Simpel

Ada beberapa pelatih yang memaksa para klien mereka untuk melakukan pergerakan dengan kecepatan tertentu. Ini memang bagus untuk mereka yang sudah berada di tingkat lanjut. Tetapi kalau kamu masih baru merupakan seorang pemula, maka jangan terlalu berlebihan.

Tetap fokus untuk bisa menaikkan dan menurunkan beban kamu dengan lebih terkontrol. Menggunakan tempo yang kurang baik atau terkesan memaksa dapat membuat kemajuan kamu malah melambat. Cara terbaik untuk melatih kekuatan kamu adalah dengan konsisten.

4. Jangan Berlebihan

Seperti yang sebelumnya kami katakan, jangan terlalu berlebihan. Tetap jaga workout kamu dalam waktu yang singkat untuk memberikan peningkatan di hormonal surges. Ketika kamu melakukan terlalu banyak latihan, setidaknya beberapa diantaranya dilakukan dengan setengah-setengah.

Yang perlu kamu lakukan adalah menjaga kestabilan tubuh dan meningkatkan kekuatan otot lebih jauh dengan melakukan workout ringan. Kamu juga bisa mencoba dengan melakukan lebih banyak kelas untuk melihat hasilnya lebih jelas.

5. Tambah Beban Perlahan

Alasan kenapa banyak orang tidak menambahkan beban adalah karena mereka terlalu berat untuk bisa melakukannya lama. Lepaskan ego tersebut dan lakukan angkat beban menggunakan 10 persen yang lebih ringan dibandingkan dengan beban yang bisa kamu angkat agar bisa memberikan range tertentu. Tambahkan beban dalam setiap sesi, tapi tidak lebih dari 10 pounds, dan gunakan beban yang sama seterusnya.

Itulah beberapa anjuran untuk kamu yang ingin mencoba melatih kekuatan tubuh. Beberapa anjuran ini bisa membantu kamu dalam menjadi lebih baik, khususnya untuk kamu yang memang masih awam dalam dunia workout.