Pilihan Olahraga yang Aman untuk Penderita Asma

Selama ini banyak orang yang mengaku tidak melakukan olahraga karena takut mendapatkan serangan asma. Tetapi sebenarnya ini tidak bisa menjadi alasan untuk tidak berolahraga, karena ada banyak olahraga yang bisa dilakukan oleh para penderita asma.

Asma adalah kondisi jangka panjang yang para penderitanya bisa merasakan sesak nafa, sesak dada, hingga batuk. Kondisi ini karena adanya pembengkakan pada dinding saluran udara yang membawa udara masuk dan keluar dari paru-paru.

Lalu olahraga apa yang cocok untuk dilakukan oleh para penderita asma yang sering bermain slot resmi? Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang aman.

1. Jalan Kaki

Ada penelitian yang membuktikan kalau dengan berjalan kaki setidaknya tiga kali selama 12 minggu, bisa membantu para penderita asma untuk mengendalikan asma mereka. Ini juga bisa membuat kebugaran tubuh lebih baik tanpa akan mengganggu gejala asma.

Setidaknya cobalah untuk berjalan kaki selama 30 menit dengan diiringi pemanasan dan juga pendinginan.

2. Yoga

Yoga merupakan jenis olahraga yang tidak membutuhkan gerakan memberatkan. Salah satu jenis yoga yang bisa kamu lakukan adalah yoga Hatha, lakukan setidaknya 2,5 jam perminggu selama 10 minggu. Ini bisa membuat kita lebih meningkatkan kualitas hidup dan juga mengurangi risiko kambuhnya gejala di penderita penyakit asma.

3. Berenang

Berenang adalah olahraga yang bisa membantu kita untuk membangun otot yang kita gunakan untuk bernafas. Ini membuat paru-paru bisa lebih mendapatkan banyak udara yang hangat dan juga lembap. Tetapi jangan sampai kamu berenang terlalu lama di dalam air yang memiliki kandungan klorin, hal ini karena ditakutkan bisa memicu terjadinya asma.

4. Badminton

Bagi kamu yang ingin mencoba olahraga agak lebih bergerak, maka badminton bisa menjadi pilihan. Saat memainkan olahraga ini, kamu bisa mengendalikan kecepatan permainan dan juga melakukan istirahat kapan saja.

Selain itu jika kamu melakukannya secara berpasangan, maka kamu bisa lebih mengurangi pergerakan. Beberapa olahraga lain selain badminton yang dapat kamu lakukan adalah tenis, squash, dan baseball.

5. Voli

Terakhir yang kami sarankan adalah olahraga voli. Sebuah olahraga yang tidak membutuhkan banyak berlari ketika memainkannya. Permainan ini dilakukan berkelompok dan kalian bisa saling membantu untuk memukul bola. Di dalam olahraga voli juga tidak memerlukan banyak gerakan kecuali saat mengejar bola.

Itulah beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh penderita asma. Mungkin ada banyak olahraga lain yang dapat membuat asma kambuh, seperti sepak bola, bola basket, atau pun lari jarak jauh. Jadi sebaiknya jika memang memiliki penyakit asma, ada baiknya untuk menghindari olahraga tersebut.

Melakukan olahraga yang kami sarankan di atas pun tidak akan membuat benar-benar terhindar dari asma. Jadi ketika berolahraga ada baiknya untuk selalu menyiapkan inhaler untuk meredakan asma.